5 Fakta Manfaat Cabai yang Bisa Meningkatkan Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Cabai

Sensasi rasa pedas yang didapatkan dari cabai menjadi daya tarik bagi pecinta makanan. Tidak hanya itu terdapat berbagai macam fakta menarik lainnya terkait dengan buah yang rasanya pedas ini.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas terkemuka di Indonesia, yaitu IPB, dikatakan terdapat banyak senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Nah, apa saja manfaat dalam cabai yang memang menjadi fakta menarik ini?

  1. Bisa Mencegah dan Mengobati Diabetes

Bagi pecinta makanan pedas, ternyata bisa memberikan efek positif bagi kesehatan. Cabai ini bisa menurunkan kadar gula, dan juga meningkatkan insulin.

Salah satu kandungan yang efektif mengontrol kadar gula dalam darah tersebut berupa capsaicin. Senyawa ini bisa membuat kadar gula dalam darah lebih mudah terserap oleh tubuh.

Selain itu, kandungan ini juga akan meningkatkan kadar insulin yang juga sangat baik dalam mengontrol kadar gula.

  1. Mencegah Kanker dan Meningkatkan Imunitas

Senyawa capsaicin yang terdapat dalam cabai ini juga merupakan zat anti mikroba yang sangat efektif dalam meningkatkan imunitas tubuh terhadap berbagai serangan mikroba.

Tidak hanya itu, zat ini juga bisa membunuh berbagai macam sel kanker. Perkembangan sel kanker akan dibatasi, sehingga membuat orang yang rutin mengkonsumsi cabai akan terhindar dari penyakit kanker.

  1. Melancarkan Peredaran Darah dan Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Terdapat sebuah zat bernama anti koagulan dalam buah pedas ini. zat ini berfungsi dalam melancarkan darah, dan membuat darah tidak mudah beku yang membuat kolesterol menggumpal.

Zat ini juga akan membuat dinding vena menebal dan semakin elastis. Dengan proses tersebut pembuluh darah akan bekerja dengan optimal.

  1. Bisa Memicu Hormon Endorfin yang Menyebabkan Rasa Bahagia

Dengan rasa pedas yang dimiliki, ternyata bisa memicu hormon endorfin diproduksi lebih banyak. Hormon inilah yang menyebabkan rasa bahagia bisa muncul.

Rasa pedas yang akan dirasakan akan dipicu oleh otak yang merupakan tempat untuk memproduksi hormon endorfin. Dengan adanya hormon endorfin ini, Otak akan merasakan sensasi tenang, dan nyaman.

Hormon ini juga yang bisa membuat rasa nyeri berkurang. Proses tersebut juga dikarenakan kinerja hormon endorfin yang bekerja mempengaruhi otak.

  1. Mengobati Rematik dan Nyeri pada Bagian Sendi

Terdapat pula zat antirematik pada cabai ini. Senyawa inilah yang bisa membuat radang sendi teratasi.

Prosesnya terjadi akibat adanya sensor panas yang ditangkap oleh otak. Kemudian otak meresponnya dengan menyebarkan panas tersebut ke seluruh bagian tubuh, termasuk ke bagian persendian.

Proses tersebut membuat rematik semakin berkurang, dan rasa nyeri pada bagian sendi akan terobati.

Cabai tentunya akan lebih enak dimasak dengan kondisi segar. Untuk mendapatkan cabai yang segar, dan memiliki kualitas terbaik, dapatkan di TaniHub.

Disini kamu bisa membeli produk terbaik dari petani Indonesia. Tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkannya, hari ini kamu pesan, besok akan langsung datang ke rumah kamu.

Selain itu, ada banyak sekali promo yang diberikan dari ecommerce khusus hasil pertanian ini. Mulai dari diskon harga, gratis ongkir, dan lain sebagainya.

Jangkauan TaniHub sekarang juga semakin luas. Mulai dari Jabodetabek, Surabaya, Malang, Pasuruan, Semarang, Solo, Yogyakarta, Bandung, Bandung, Sumedang, dan Bali.

Berbelanja disini, sama halnya kamu mendukung pertanian Indonesia, dan perekonomian lokal.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan cabai segar, murah, dan berkualitas sekarang juga hanya di TaniHub.

Related posts